source haikudeck.com |
Dalam hal ini, sebaiknya jangan hindari komentar negatif di sosial media jikalau Anda sedang merintis bisnis. Sosial media ialah salah satu wadah untuk memajukan urusan ekonomi Anda. Apapun bentuk komentar negatif di sosial media yang Anda terima seputar bisnis, sebaiknya tetap ditanggapi secara bijak. Jadikan komentar negatif tersebut sebagai kekuatan untuk mereview apa kekurangan dari urusan ekonomi yang Anda rintis.
Nah, alasannya Anda menggunakan sosial media sebagai salah satu penunjang urusan ekonomi Anda, berikut 7 tips mengatasi komentar negatif di sosial media. Tips tersebut cukup sederhana untuk mengendalikan situasi secara efektif dan bisa mengubah persepsi pelanggan yang tadinya tidak puas menjadi pelanggan yang puas dan paham atas keluhan negatif produk Anda.
1. Dengarkan
Anda tidak bisa menanggapi komentar negatif di sosial media jikalau Anda tidak mendengar keluhan pelanggan. Untuk itu, saring semua komentar negatif atas produk Anda, dengarkan semua keluhan tersebut. Lihat ibarat apa keluhan pelanggan, kemudian compare dengan produk yang Anda jual. Apakah benar komentar negatif tersebut sesuai dengan kekurangan produk Anda.
2. Menaggapi Keluhan
Upayakan untuk menanggapi semua komentar negatif atas produk Anda, tanyakan masalahnya secara detail. Setelah itu berikan solusi dari keluhan mereka. Seperti, memohon maaf atas ketidaknyamanan dari produk yang sudah dibeli.
3. Baca Dua Kali
Sebelum menanggapi komentar negatif, pastikan Anda membaca komentar-komentar tersebut dua kali atau lebih hingga Anda benar-benar paham. Jangan hingga komentar tersebut disalahartikan. Jika sudah yakin atas keluhan tersebut, lakukan jawaban yang harus sopan, penuh perhatian dan tentu secara profesional.
4. Waktu Tanggap Efisien
Meskipun butuh waktu yang sempurna untuk memberi respon atas komentar negatif di sosial media, namun sangat diharapkan waktu respon yang efisien. Jika setiap keluhan pelanggan Anda respon dengan cepat, maka saya yakin konsumen akan sedikit merasa legah atas keluhannya.
5. Lakukan Secara Terbuka
Anda bisa mencoba untuk melaksanakan respon yang bersifat eksklusif atau lebih kompleks, jangan takut untuk melaksanakan secara terbuka. Cobalah meminta pelanggan untuk mengirim email atau pesan eksklusif atas keluhannya. Hal ini, Anda tentu harus memberi gosip kontak Anda kepada mereka.
6. Memperbaiki Kesalahan
Jika Anda memang merasa bersalah, pastikan Anda benar-benar mencoba untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Jangan pernah membuat alasan untuk tidak bisa menyelesaikan setiap keluhan para pelanggan. Perlu diketahui, bahwa mungkin saja kesalahan bukan dari Anda tapi mungkin bersumber pihak pemasok atau pada dikala pengiriman. Tapi ingat, pelanggan tidak mau tahu akan hal itu, jadi pastikan Anda memberi solusi atas kesalahan tersebut.
7. Lakukan Perubahan
Meskipun Anda melihat komentar negatif di sosial media sebagai sebuah kegagalan, namun hal tersebut merupakan umpan balik yang cukup membantu dalam meningkatkan urusan ekonomi Anda. Membuat catatan dari komentar negatif yang Anda terima kemudain pelan-pelan melaksanakan perubahan atas kekurangan tersebut.
Nah, itu ia 7 tips mengatasi komentar negatif di sosial media, ke 7 tips tersebut bisa Anda terapkan ataupun tidak. Semoga bermanfaat.