- Jika Anda melaksanakan pemasaran melalui sosial media, Anda perlu memonitor semua acara tersebut untuk mengetahui hasilnya. Semua kampanya yang Anda lakukan, tentu ingin hasil atau profit yang memuaskan. Untuk itu, Anda perlu menyelaraskan pemasaran di sosail media dengan tujuan urusan ekonomi Anda.
Menyelarasakan pemasaran di sosial media untuk tujuan bisnis, mampu Anda lakukan dengan mengukur ROI. Mengukur ROI, Anda mampu mengetahui pemasaran tersebut berjalan dengan baik atau tidak. Dengan 3 langkah dibawah, Anda dapat mengambil taktik pemasaran yang sempurna untuk memaksimalkan ROI dan mencapai tujuan yang Anda inginkan.
Berikut tiga langkah menyelaraskan pemasaran di sosial media untuk tujuan urusan ekonomi Anda.
1. Tetapkan Tujuan Pemasaran Anda
Berbagai cara mampu Anda lakukan untuk dapat mengukur ROI. Misalnya, dengan mengukur pendapatan, jumlah klik, akuisisi pelanggan, dll. Namun, untuk melacak dan mengukur ROI, Anda perlu menuggu simpulan dari kampanye produk yang Anda lakukan.
Selain berdampak terhadap pendapatan Anda, pemasaran di sosial media dapat membantu untuk meningkatkan brand awareness and facilitate customer service. Jadi, tentukan juga tujuan pemasaran Anda dengan melacak kampanye. Seperti, melacak lead, pelanggan, lalu lintas, dan tingkat konversi.
Masing-masing tujuan pemasaran perlu digali hingga ketahap dimana konsumen melaksanakan pembelian. Selain itu, Anda juga perlu memahami semua hal atau tindakan yang berkaitan dengan tingkat konversi. Seperti, penayangan video, interaksi sosial, jumlah download, pendaftaran newsletter, klik link, registrasi, pembelian dan banyak lagi.
2. Mengidentifikasi Platform Sosial Media
Dalam melaksanakan promosi, Anda perlu menggunakan platform sosial media yang tepat. Untuk itu, Anda harus memahami konsumen terlebih dulu, pastikan Anda mengetahuai platform mana yang digunakan konsumen untuk membeli produk. Setiap konsumen menggunakan platform yang berbeda-beda, kadang konsumen lebih tertarik menggunakan Instagram daripada Twitter ataupun sebaliknya.
Untuk mengidentifikasi hal tersebut, lakukan pendekatan di sosial media. Mungkin terlihat sulit tapi ini merupakan jalan yang sempurna untuk menyelaraskan pemasaran di sosail media dengan tujuan urusan ekonomi Anda.
3. Lacak dan Membuat Laporan Kampanye
Menyelaraskan pemasaran di sosail media dengan tujuan urusan ekonomi mampu juga dilakukan dengan melacak semua kampanye yang Anda mulai. Yang Anda lacak seperti, jumlah iklan, biaya iklan, lama promosi, lokasi promosi, dll. Untuk mempermudah pelacakan ini, Anda mampu menggunakan tool gratis ibarat Google Analytics dan tool berbayar seperti Socialbakers.
Setelah melaksanakan pelacakan kampanye, selanjutnya Anda melaporkan hasilnya. Pelaporan ini sangat penting dilakukan, baik itu report untuk supervisor Anda ataupun untuk diri Anda sendiri. Dibutuhkan waktu untuk membuat laporan ini alasannya harus dilakukan secara teliti, jangan hingga ada kesalahan. Laporan ini mampu dibuat mingguan, bulanan, triwulanan atau mungkin tahunan.
Nah, itulah tiga langkah menyelaraskan pemasaran di sosial media untuk tujuan urusan ekonomi Anda. Semoga mampu bermanfaat.
Menyelarasakan pemasaran di sosial media untuk tujuan bisnis, mampu Anda lakukan dengan mengukur ROI. Mengukur ROI, Anda mampu mengetahui pemasaran tersebut berjalan dengan baik atau tidak. Dengan 3 langkah dibawah, Anda dapat mengambil taktik pemasaran yang sempurna untuk memaksimalkan ROI dan mencapai tujuan yang Anda inginkan.
Berikut tiga langkah menyelaraskan pemasaran di sosial media untuk tujuan urusan ekonomi Anda.
1. Tetapkan Tujuan Pemasaran Anda
Berbagai cara mampu Anda lakukan untuk dapat mengukur ROI. Misalnya, dengan mengukur pendapatan, jumlah klik, akuisisi pelanggan, dll. Namun, untuk melacak dan mengukur ROI, Anda perlu menuggu simpulan dari kampanye produk yang Anda lakukan.
Selain berdampak terhadap pendapatan Anda, pemasaran di sosial media dapat membantu untuk meningkatkan brand awareness and facilitate customer service. Jadi, tentukan juga tujuan pemasaran Anda dengan melacak kampanye. Seperti, melacak lead, pelanggan, lalu lintas, dan tingkat konversi.
Masing-masing tujuan pemasaran perlu digali hingga ketahap dimana konsumen melaksanakan pembelian. Selain itu, Anda juga perlu memahami semua hal atau tindakan yang berkaitan dengan tingkat konversi. Seperti, penayangan video, interaksi sosial, jumlah download, pendaftaran newsletter, klik link, registrasi, pembelian dan banyak lagi.
2. Mengidentifikasi Platform Sosial Media
Dalam melaksanakan promosi, Anda perlu menggunakan platform sosial media yang tepat. Untuk itu, Anda harus memahami konsumen terlebih dulu, pastikan Anda mengetahuai platform mana yang digunakan konsumen untuk membeli produk. Setiap konsumen menggunakan platform yang berbeda-beda, kadang konsumen lebih tertarik menggunakan Instagram daripada Twitter ataupun sebaliknya.
Untuk mengidentifikasi hal tersebut, lakukan pendekatan di sosial media. Mungkin terlihat sulit tapi ini merupakan jalan yang sempurna untuk menyelaraskan pemasaran di sosail media dengan tujuan urusan ekonomi Anda.
3. Lacak dan Membuat Laporan Kampanye
Menyelaraskan pemasaran di sosail media dengan tujuan urusan ekonomi mampu juga dilakukan dengan melacak semua kampanye yang Anda mulai. Yang Anda lacak seperti, jumlah iklan, biaya iklan, lama promosi, lokasi promosi, dll. Untuk mempermudah pelacakan ini, Anda mampu menggunakan tool gratis ibarat Google Analytics dan tool berbayar seperti Socialbakers.
Setelah melaksanakan pelacakan kampanye, selanjutnya Anda melaporkan hasilnya. Pelaporan ini sangat penting dilakukan, baik itu report untuk supervisor Anda ataupun untuk diri Anda sendiri. Dibutuhkan waktu untuk membuat laporan ini alasannya harus dilakukan secara teliti, jangan hingga ada kesalahan. Laporan ini mampu dibuat mingguan, bulanan, triwulanan atau mungkin tahunan.
Nah, itulah tiga langkah menyelaraskan pemasaran di sosial media untuk tujuan urusan ekonomi Anda. Semoga mampu bermanfaat.