Cara Mengetahui Aplikasi Android dan iOS Palsu

Cara Mengetahui Aplikasi Android dan iOS Palsu

- Sekalipun mengunduh aplikasi dari toko aplikasi resmi menyerupai Google Play Store (Android) dan Apps Store (iOS), namun tetap perlu kejelian dalam memilih aplikasi yang harus di unduh.

Tidak semua aplikasi di toko resmi tersebut bersifat membantu atau menyenangkan. Beberapa aplikasi palsu sudah ditemukan di toko resmi tersebut.

Untuk itu, tetap waspada sebelum mengunduh, mampu jadi aplikasi yang Anda pasang yaitu aplikasi palsu yang mengandung malware atau virus jahat yang berpotensi besar untuk mencuri info pribadi yang tersimpan dalam ponsel Anda menyerupai kartu kredit.

Nah, berikut beberapa cara untuk mengetahui aplikasi Android dan iOS palsu, simak:

1. Cek Pengembang Aplikasi
Masalah nama pengembang memang terbilang sulit kalau Anda tidak tau, namun Anda tetap harus kroscek nama perusahaan atau pengembang sebelum aplikasi tersebut Anda unduh. Umumnya para scammer akan menggunakan nama yang serupa dengan nama pengembang yang sudah terkenal. seperti: Overstock.com (asli) dan Overstock Inc (palsu).

2. Cek Ulasan atau Review Aplikasi
Aplikasi yang populer tentu memiliki banyak ulasan positif. Nah, sebelum mengunduh aplikasi tersebut, baiknya di baca dulu ulasan atau reviewnya. Pada dasarnya aplikasi yang resmi atau asli memiliki banyak ulasan  atau review dari para penggunanya. Sementara, untuk aplikasi palsu, mampu dikatakan hampir tidak ada ulasan atau review.

3. Cek Tanggal Publish
Aplikasi asli menampilkan "updated on..." atau "diperbarui pada...". Sementara aplikasi palsu biasanya mencamtukan tanggal penerbitan (published date) terkini.

4. Cek Deskripsi Aplikasi
Deskripsi aplikasi ini terbilang penting, alasannya yaitu dari deskripsi tersebut, Anda mampu mengetahui fungsi dari aplikasi itu sendiri. Jika Anda tidak terlalu memerhatikan deskripsi pada sebuah aplikasi dan pribadi mengunduh, maka jangan salah kalau nantinya Anda merasa salah unduh. Aplikasi palsu biasanya menunjukkan deskripsi yang berbeda atau tidak sesuai dengan fitur dan fungsi aplikasinya.

5. Download di Situs Resminya Jika Ragu
Jika Anda ragu untuk mengunduh aplikasi yang memiliki nama sama dengan aplikasi lain, Anda mampu mengunduhnya pribadi di situs resmi developer atau pengembangnya. Pengembang biasanya akan memberi opsi "Get our app" yang akan mengarahkan Anda untuk mengunduh aplikasi tersebut, atau pengembang pribadi mengarahkan Anda untuk mengunduh di toko resmi.

Semoga bermanfaat.