source image twitter.com |
- 3 unit iklan Adsense untuk konten
- 3 unit iklan tautan teks, dan
- 2 unit iklan penelusuran
Bukan cuma itu, sebelumnya ada juga batasan penggunaan unit iklan yang berukuran besar. Unit iklan yang berukuran besar maksimal hanya 1 dalam halaman yang diperbolehkan, seperti:
- Maksimal 1 unit iklan berukuran 300×600 dalam satu halaman
- Maksimal 1 unit iklan berukuran 300×1050 atau 970×250 dalam satu halaman
- Maksimal 1 unit iklan berukuran 750×200 atau 580×400 dalam satu halaman
Baca Juga :
Setelah kita meninjau kebijakan gres tersebut mengenai jumlah iklan yang tidak dibatasi lagi maka sekarang tentu kita sudah bisa:
- Sekarang kita bisa memasang 3 atau lebih unit iklan dalam satu halaman.
- Sekarang kita bisa memasang lebih dari satu unit iklan berukuran besar dalam satu laman
- Ingat! kita hanya diperbolehkan unit memasang 1 unit iklan berukuran 320×100 di bab paruh atas pada tampilan mobile, namun pada bab paruh bawah, jumlah iklan tidak dibatasi.
Mengapa Kebijakan Baru ini Ada?
Mengapa kebijakan gres ini ada? alasannya yaitu Google menginginkan para publishernya untuk tidak menambahkan jaringan iklan lain. Selama ini publisher AdSense hampir menyadingkan iklan AdSense dengan jaringan iklan lain alasannya yaitu meraka merasa tidak puas dengan adanya batasan iklan dalam satu halaman.Batasan 3 unit iklan dalam satu halaman dapat dilihat pengaruhnya jikalau sebuah artikel sangat panjang, jumlah kata dalam artikel bisa 1000 atau bahkan lebih. Nah, jikalau hanya 3 unit iklan saja, maka itu terasa kurang mewakili artikel tersebut.
Meski pihak Google sudah menghilangkan jumlah batasan iklan dalam satu halaman tapi kita tetap perlu mengontrol jumlah pemasangannya. Berikut kutipan kalimat yang menekankan hal tersebut:
“Iklan dan bahan promosi berbayar lainnya yang ditambahkan ke laman tidak boleh melebihi konten. Selain itu, konten yang Anda sediakan harus memberi nilai tambah dan menjadi titik fokus bagi pengguna yang mengunjungi laman.”
Jika diartinkan, kita tetap harus mengontrol dalam penggunaan jumlah iklan dalam konten, jumlah iklan tidak boleh lebih banyak dari jumlah manfaat konten, konten yang kita pasangi iklan pun harus bisa memberi manfaat bagi pengunjung.
Oleh alasannya yaitu itu jangan hingga kita seenaknya memasang jumlah unit iklan yang banyak tanpa mempertimbangkan kontennya. Google tetap akan melaksanakan review terhadap jumlah iklan yang berlebihan. Google secara tegas menjelaskan bahwa tetap bisa:
“Menonaktifkan penayangan iklan di laman yang tidak menunjukkan manfaat atau hanya sedikit manfaat dan/atau memiliki iklan berlebihan”.